Surabaya || Pilarpos.id || IPTU Matheus Jaka, S.H., M.H. Paur Samsat Surabaya Timur, menegaskan bahwa Samsat Surabaya Timur secara konsisten terus berupaya membenahi kinerja pelayanan kepada masyarakat. Tentunya dengan terus berinovasi serta melaksanakan penertiban pada semua unit layanan yang ada di Samsat Surabaya Timur, atau biasa dikenal masyarakat dengan sebutan Samsat Manyar.
IPTU Matheus, atau yang lebih akrab disapa Jaka, dilingkungan kerjanya. Saat ditemui Awak Media di rungan kantornya pada hari Selasa 12 November 2024 menyampaikan, bahwa kini banyak perubahan pelayanan yang jauh lebih baik pada loket-loket layanan di Kantor Bersama Samsat Surabaya Timur.
“Bersama jajaran dan instansi terkait terus berupaya untuk melakukan pembenahan dan perbaikan mutu pelayanan pada Kantor Bersama Samsat Surabaya Timur yang berada di Jalan Manyar Kertoarjo No.1 Surabaya ini,”katanya.
Lanjut, tentunya guna memberikan kenyamanan serta kecepatan waktu pelayanan pada wajib pajak. Selain melakukan berbagai inovasi di Kantor Samsat Surabaya Timur, Jaka dan anggotanya juga giat melakukan penertiban pada para calo nakal yang berkeliaran di kantor Samsat Manyar, penertiban ini selain dilakukan oleh anggota Satlantas juga dibantu oleh Satuan Provost dari Poda Jatim.
“Kita terus meminimalisir ruang gerak para calo di kantor layanan Samsat Manyar ini, tindakan tegas ini akan terus menerus kita laksanakan guna memberikan rasa nyaman serta keamanan bagi para wajib pajak,”tegas perwira dengan dua balok dipundak ini.
Dalam pelaksanaan operasi penertiban Jaka dan jajarannya juga bersikap humanis, tidak asal main tangkap. Para calo yang ditertibkan ini mereka yang tetap membandel dan mencari mangsa didalam areal kantor layanan Samsat Surabaya Timur.
“Mereka para calo yang bandel ini dan biasa mencari korbannya disekitar halaman, ruang tunggu maupun teras kantor layanan Samsat langsung kita tertibkan, bilamana ada unsur pelanggaran hukumnya maka segera kita proses sesuai hukum yang berlaku. Hal ini untuk memberikan efek jera pada mereka,”bebernya
Kemudian IPTU Matheus Jaka, juga memberikan tips agar warga terhindar dari praktik pungli saat mengurus perpanjangan STNK dan ganti pelat nomor kendaraan di Samsat Manyar.
Kalau masalah lewat calo sebenarnya kami tidak merekomendasikan.
“Baiknya datang sendiri langsung ke kantor Samsat Manyar, dimana segala sesuatu sudah disiapkan pelayanan bersama orang-orang kompeten,”imbaunya.
Selain itu, IPTU Matheus Jaka menyampaikan, jika ada hal yang tidak diketahui atau dipahami terkait pengurusan STNK dan ganti pelat nomor agar ditanyakan langsung ke petugas yang berjaga. Bagi yang merasa dirugikan atas praktik percaloan di Samsat Manyar, bisa menghubungi langsung petugas, termasuk dirinya.
“Lebih baik diurus sendiri guna menghindari adanya oknum yang menawarkan jasa pengurusan, sehingga tidak ada yang dirugikan,”tutupnya.
(Saniman)